Sabtu, 25 September 2010

PENGANTAR BISNIS 1


A.    BERBISNIS DALAM ERA GLOBALISASI.
Dalam 2 dasawarsa ini perekonomian global mengalami perubahan radikal.Dimana ekonomi dunia sedang mengalami perubahan pesat berdasarkan 2 faktor, yaitu:
1.      Globalisasi, Pertumbuhan Perdagangan Global dan Persaingan Internasional.
:) Jika suatu negara menutup pasarnya dari persaingan asing,penduduknya akan membayar barang domestik kualitas rendah dengan harga mahal. Sedangkan jika pasarnya dibuka, negara tersebut akan menghadapi persaingan ketat. Oleh karena itu diperlukan pengelolaan yang efisien dan efektif pada usaha domestiknya.
2.      Perubahan dan Kemajuan Teknologi.
:) Contohnya adalah penggunaan mesin hitung mekanis yang  berubah menjadi kalkulator elektronik. Kemudian semakin menawarkan kecanggihan dengan munculnya komputer yang  disertai dengan perkembangan internet dan bisnis. Kemajuan teknologi komputasi, telepon, dan televisi inilah yang dimanfaatkan perusahaan dalam menghasilkan dan memasarkan produk mereka.
Globalisasi dan teknologi mendorong seleksi alamiah yang mengarah pada “yang terkuat yang bertahan”.  Dimana keberhasilan pasar sebuah perusahaan  dipengaruhi oleh penyesuaian diri  terhadap lingkungan. Baik individu, bisnis, kota, dan negara harus menghasilkan barang dan jasa yang menarik minat pembeli. Dalam hal ini adapun dampak dari globalisasi dan perubahan teknologi tersebut adalah:
1.      Kekuasaan beralih pada konsumen.
2.      Besarnya skala produksi tidak menjadi keharusan.
3.      Tidak ada kendala batasan Negara dan wilayah.
4.      Munculnya para pesaing dengan biaya murah.
5.      Kepekaan konsumen terhadap harga dan nilai meningtkat.
Kondisi seperti ini memotivasi pelaku bisnis untuk bisa membuat perencanaan bisnis yang matang seperti perhitungan permintaan, harga pokok penjualan, proyeksi penjualan,serta strategi manajemen agar perusahaan bisa berkembang dan menghasilkan laba.
A.     ILMU EKONOMI.
Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari aktivitas manusia dalam memenuhi kebutuhannya.
Masalah pokok perekonomian terjadi karena adanya ketidakseimbangan antara kebutuhan manusia yang tidak terbatas dengan alat pemuas kebutuhan yang jumlahnya terbatas. Permasalahan tersebut kemudian menyebabkan timbulnya kelangkaan

B.     UNSUR-UNSUR PENTING PERUSAHAAN.
1.      Organisasi, yaitu lembaga sosial dengan sekumpulan orang yang dibentuk untuk melaksanakan kegiatan tertentu agar mencapai tujuan tertentu.
2.      Produksi, yaitu kegiatan mengolah sumber-sumber ekonomi agar menjadi produk bernilai guna.
3.      Sumber-sumber ekonomi, yaitu alam, manusia, modal, manajerial dan lingkungan.
4.      Kebutuhan Konsumen, yaitu kebutuhan barang/jasa tidak dapat dipenuhi oleh 1 perusahaan tetapi membutuhkan perusahaan lain.
5.      Laba, yaitu selisih penjualan dengan biaya yang digunakan, dan bukan merupakan tujuan akhir dari perusahaan.

C.     TEMPAT KEDUDUKAN DAN LETAK PERUSAHAAN.
1.      Tempat kedudukan perusahaan adalah kantor pusat sebuah perusahaan, yang umumnya dipengaruhi oleh lembaga pemerintah, keuangan, dan pelanggan.
2.      Letak perusahaan adalah tempat suatu perusahaan melakukan kegiatan fisik/pabrik, yang dipengaruhi oleh faktor ekonomi. Oleh karena tajamnya persaingan antar perusahaan, maka letak perusahaan harus dipilih berdasarkan pertimbangan yang disertai fakta yang konkrit dan lengkap.
Letak perusahaan dibedakan menjadi4, yaitu:
*Terikat Keadaan Alam, lokasi perusahaan yang letaknya di daerah faktor produksi alamnya. Contoh: Perusahaan Timah terletak di pulau Bangka.
*Terikat Sejarah, lokasi perusahaan yang dipilih berdasarkan nilai sejarah tertentu. Contoh: Perusahaan Udang di Cirebon yang merupakan kota udang atau Usaha pendidikan di Yogyakarta yang merupakan kota pelajar.
*Terikat Pemerintah, lokasi perusahaan yang telah ditentukan pemerintah. Contoh: Kawasan industri Cikarang,Pulo Gadung.
*Dipengaruhi Faktor-Faktor Ekonomi, lokasi perusahaan dipengaruhi oleh factor ekonomi seperti,ketersediaan tenaga kerja,kedekatan bahan baku, dan kedekatan dengan pasar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar